Tips Merawat Jaket Kulit Untuk Anda

Tips Merawat Jaket Kulit Untuk Anda

Jaket kulit memiliki daya tarik tersendiri khususnya untuk kaum pria. Tidak hanya untuk pria saja jaket kulit juga terkenal dikalangan wanita. Jaket jenis ini dinilai dapat membuat penampilan terlihat lebih keren. Walaupun harganya cukup mahal, namun masih banyak orang yang gemar mengoleksi jaket kulit. Jika anda memiliki jenis jaket ini, maka anda harus mengetahui bagaimana tips merawat jaket kulit. Agar jaket kulit anda tidak rusak dan tetap awet.

Bahan kulit yang digunakan tebal dan dapat membuat badan orang yang mengenakannya menjadi lebih hangat. Banyak dijual di pasaran jaket kulit dengan bahan asli maupun imitasi. Maka dari itu, anda harus cermat dan teliti ketika membeli jaket kulit. Tentu saja anda akan kecewa jika salah memilih bahan kulit imitasi. Apalagi sudah membeli dengan harga yang mahal. Anda dapat membeli di Konveksi Jaket Jogja atau konveksi kota lain yang terpercaya.

Tips merawat jaket kulit, Sumber : lbb.in

Cara Merawat Jaket Kulit

Ada beberapa bahan yang digunakan sebagai tips merawat jaket kulit yang ampuh membersihkan noda. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan jika noda yang menempel belum terlalu lama. Selain itu, bahan ini juga bagus untuk perawatan rutin jaket agar tetap mengkilap dan bebas dari jamur.

1. Menggunakan Lotion Bayi

Jaket yang sering anda kenakan di bawah sinar matahari langsung dapat membuat permukaan kulit kaku. Untuk menghindari hal tersebut, anda membutuh lotion bayi. Caranya cukup mudah, tuangkanlah lotion bayi ke seluruh permukaan jaket. Kemudian siapkan kain yang lembut, usapkan lotion bayi tersebut secara perlahan ke seluruh permukaan jaket. Lakukanlah hal tersebut dengan rutin, tujuannya untuk menjaga jaket kulit agar tetap lembab.

Ilustrasi baby lotion, Sumber : paryachina.en.made-in-china.com
Ilustrasi baby lotion, Sumber : paryachina.en.made-in-china.com

2. Menggunakan Pasta Gigi

Bahan selnajutnya yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan noda pada jaket kulit ialah pasta gigi. Cara penggunaanya cukup mudah, oleskan pasta gigi ke sikat gigi setelah itu gosokkan pada bagian yang terkena noda. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut agar tidak menggores dan memudarkan warna jaket. Gosok terus secara perlahan hingga noda terangkat dengan sempurna. Pastikan anda membersihkan pasta gigi yang tersisa dengan kain bersih atau kapas. Jika tidak dibersihkan, maka pasta gigi tersebut dapat merusak jaket anda.

Pasta gigi, Sumber : suara.com
Pasta gigi, Sumber : suara.com

3. Minyak Zaitun

Ternyata minyak zaitun tidak hanya digunakan untuk memasak maupun perawatan kulit saja. Namun anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan perawatan jaket kulit agar tetap elastis. Cara penggunaanyapun mudah, hanya dengan menuangkan sedikit minyak zaitun ke kapas atau kain halus. Setelah itu anda bisa mengelapkannya ke seluruh permukaan jaket. Tujuannya agar warna jaket terjaga dan mengkilap dengan sempurna. Jika ada beberapa bagian yang nampak masih kering, anda bisa memberikan minyak lebih banyak untuk melembabkannya.

Minyak zaitun, Sumber : alodokter.com
Minyak zaitun, Sumber : alodokter.com

4. Tepung Maizena

Ternyata tepung maizena juga dapat bermanfaat untuk merawat jaket kulit loh. Tepung ini dapat membantu menyerap minyak yang ada pada noda jaket dengan baik. Cara penggunaannya juga cukup mudah, anda hanya perlu menaburkan tepung pada bagian jaket yang terkena noda. Setelah itu siapkan kain lap basah yang lembut, kemudian gosoklah secara perlahan pada bagian jaket yang terkena noda.

Diamkan selama semalaman untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, setelah itu barulah anda bilas lagi menggunakan kain basah. Pastikan permukaan jaket anda tetap kering dan sudah bebas dari sisa tepung dengan mengusapnya dengan kain bersih maupun kapas.

Tepung maizena, Sumber : review.bukalapak.com
Tepung maizena, Sumber : review.bukalapak.com

Cara Mencuci Jaket Kulit

Setelah tadi anda mengetahui cara perawatan jaket kulit tanpa harus mencucinya dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah kami sampaikan. Jika jaket anda sudah kotor dan sudah saatnya dicuci, maka di bawah ini telah kami rangkumkan cara mencuci jaket kulit yang tepat agar awet dan tidak rusak.

1. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengikuti petunjuk penggunaan. Jika anda membeli produk asli, anda juga akan mendapatkan petunjuk penggunaan. Pastikan anda mengikuti petunjuk tersebut, agar perawatan yang anda lakukan sesuai dengan standar prosedurnya.

Ilustrasi petunjuk penggunaan, Sumber : kamini.id
Ilustrasi petunjuk penggunaan, Sumber : kamini.id

2. Hindari Menggunakan Bahan Pemutih

Pada dasarnya anda cukup menggunakan air bersih saja untuk mencuci jaket kulit. Namun jika terdapat noda yang sulit dihilangkan maka gunakanlah bahan yang lembut misalnya saja sabun bayi. Cara penggunaannya sangatlah mudah, anda cukup meneteskan sedikit pada noda yang menempel kemudian kuceklah dengan lembut sampai nodanya hilang. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras misalnya saja pemutih yang dapat mengakibatkan produk rusak.

Ilustrasi sabun bayi, Sumber : otomotif.kompas.com
Ilustrasi sabun bayi, Sumber : otomotif.kompas.com

3. Mencuci Manual

Maksudnya cucilah jaket kulit menggunakan tangan, tidak disarankan menggunakan mesin cuci. Karena mencuci dengan mesin cuci dapat mengakibatkan tekstur dan bahan jaket rusak. Walaupun menggunakan tangan pada saat mengucek jaket, pastikan anda melakukannya secara perlahan.

Mencuci manual, Sumber : klikdokter.com
Mencuci manual, Sumber : klikdokter.com

4. Membilas Jaket

Bilas jaket hingga cairan pembersihnya benar-benar hilang dari permukaan jaket anda. Anda dapat menggunakan kain bersih untuk mengangkat sisa sabun dari permukaan jaket kulit. Pastikan tidak ada yang tertinggal sama sekali. Hindarilah membilas jaket dengan cara menyelupkannya ke dalam ember yang berisi air.

Ilustrasi membilas menggunakan kain, Sumber : bogsural.ru
Ilustrasi membilas menggunakan kain, Sumber : bogsural.ru

5. Gunakan Cairan Pelembut

Saat menjemur jaket kulit, ada kemungkinan bahwa jaket menjadi kaku. Untuk mengantisipasi hal tersebut gunakanlah cairan pelembut. Gunakan di beberapa titik jaket agar permukaan jaket tidak kaku, terutama pada titik yang terkena sabun. Anda dapat menggunakan cairan pelembut setelah jaket dibilas secara bersih.

Cairan pelembut, Sumber : acidadedosossego.blogspot.com
Cairan pelembut, Sumber : acidadedosossego.blogspot.com

6. Menjemur Jaket

Anda dapat menjemur jaket di dekat jendela atau menjemurnya pada saat malam hari agar kering dengan bantuan tiupan angin. Hindari menjemur jaket kulit di bawah sinar matahari langsung. Anda juga dapat memanfaatkan bantuan dari pengering rambut yang anda miliki untuk mengeringkan jaket.

Hindari menjemur di bawah sinar matahari, Sumber : cnnindonesia.com
Hindari menjemur di bawah sinar matahari, Sumber : cnnindonesia.com

Demikian informasi mengenai tips merawat jaket kulit yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Anda bisa mendapatkan informasi menarik seputar jenis-jenis jaket stylish maupun informasi lainnya yang dapat anda akses pada laman website Indo Konveksi.