Ketahuilah Cara Merawat Pakaian Bahan Denim

Ketahuilah Cara Merawat Pakaian Bahan Denim

Saat ini pakaian berbahan denim sedang populer dikalangan masyarakat. Yang paling sering dijumpai adalah celana berbahan denim. Denim juga menjadi bahan pembuatan baju, jaket, sampai rok. Pakaian dari bahan denim ini dapat memberikan kesan modis kepada setiap orang yang memakainya. Misalnya saja celana jeans yang cocok dipadu padankan dengan banyak gaya serta jenis pakaian yang beragam. Untuk anda yang memiliki pakaian bahan ini, penting untuk mengetahui cara merawat pakaian bahan denim dengan benar.

Banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan warna dari denim ini memudar, bahkan baru beberapa bulan membelinya. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat kesalahan pada perawatannya. Pakaian berbahan denim akan awet dan tahan lama, jika dirawat dengan cara yang benar. Bahkan jika anda memiliki pakaian denim yang sudah lama dibeli sekalipun akan tetap terlihat seperti baru.

Untuk jaket denim belakangan ini memang populer di kalangan masyarakat khususnya kalangan anak muda. Kesan casual yang diberikan jaket jenis ini membuatnya amat digemari baik pria maupun wanita. Anda bisa memesan jaket denim tersebut sesuai desain yang anda inginkan secara custom. Untuk memesannya anda dapat mengunjungi Konveksi Jaket Jogja bagi anda yang berdomisili di kota Jogja dan sekitarnya.

Cara merawat pakaian bahan denim, Sumber : iprice.co.id
Cara merawat pakaian bahan denim, Sumber : iprice.co.id

Cara Perawatan Pakaian Berbahan Denim

Untuk mendapatkan segala jenis pakaian dari bahan denim tetap awet dan warnanya tidak pudar diperlukan tips merawat pakaian bahan denim dengan benar. Maka dari itu kami telah merangkumkan untuk anda cara-cara yang bisa anda terapkan di bawah ini.

1. Hindari Terlalu Sering Dicuci

Hal pertama yang merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan denim adalah menghindari terlalu sering mencuci. Tujuannya agar warna dari denim tetap awet dan tidak mudah memudar. Apalagi untuk celana jeans yang baru saja dibeli, disarankan celana tersebut tidak perlu dicuci meskipun sudah anda pakai beberapa kali. Setelah anda menggunakannya selama beberapa kali pemakaian kurang lebih 4 kali, setelah itu anda bisa menyucinya untuk kali pertama.

Tujuannya untuk menjaga warna denim tidak cepat memudar. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk pakaian denim yang baru saja dibeli, namun untuk seterusnya juga. Selain mempengaruhi warna, terlalu sering mencuci juga dapat mengakibatkan pakaian bahan denim menjadi cepat melar. Anda dapat mencuci ulang setelah beberapa kali memakainya, jika pakaian denim anda tidak benar-benar kotor maka tidak perlu mencucinya.

Ilustrasi mencuci denim terlalu sering, Sumber : berkeluarga.id
Ilustrasi mencuci denim terlalu sering, Sumber : berkeluarga.id

2. Cucilah Secara Manual

Untuk saat ini mencuci menggunakan mesin dinilai sangat efisien dalam hal waktu dan tenaga. Namun untuk jenis-jenis bahan tertentu tidak dianjurkan menggunakan mesin, karena dapat merusak tekstur dari bahan tersebut. Salah satunya pakaian berbahan denim tidak disarankan mencucinya menggunakan mesin. Anda cukup mencucinya secara manual menggunakan tangan, walaupun membutuhkan tenaga extra namun cara ini dinilai dapat membantu pakaian anda awet dan tidak cepat rusak.

Cara mencuci manual menggunakan tanganpun juga cukup mudah, anda bisa merendam beberapa pakaian denim yang warnanya senada. Rendam pakaian tersebut ke dalam wadah atau ember yang telah diisi dengan air yang mengandung deterjen. Diamkan selama beberapa saat kurang lebih 10 menit, setelah itu anda dapat mulai menguceknya menggunakan tangan.

Ilustrasi mencuci denim , Sumber : harapanrakyat.com
Ilustrasi mencuci denim , Sumber : harapanrakyat.com

3. Hindari Deterjen Yang Mengandung Pemutih

Sebagian besar deterjen pakaian mengandung pemutih, pilihlah dengan cermat deterjen yang tidak ada kandungan pemutihnya. Mengapa demikian, karena bahan kimia yang terkandung dalam pemutih dapat dengan cepat memudarkan warna denim. Selain itu bahan kimia tersebut juga dapat mengakibatkan serat kain dari denim rusak. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab denim anda tidak awet dan warnanya cepat memudar.

Ilustrasi deterjen pakaian, Sumber : review.bukalapak.com
Ilustrasi deterjen pakaian, Sumber : review.bukalapak.com

4. Gunakan Air Dingin

Mencuci menggunakan air panas tidak dianjurkan pada saat anda mencuci pakaian dari bahan denim. Jika anda menggunakan air panas untuk mencucinya akan mengakibatkan denim anda cepat rusak. Warna dari denim akan cepat memudar, selain itu juga dapat mengendurkan struktur benang pada kain. Maka anda disarankan mencuci denim menggunakan air dingin, air dingin yang dimaksud bukan air yang dicampur dengan es ya. Namun anda cukup dengan menggunakan air kran saja untuk mencucinya.

Sebelum mencuci celana jeans, jaket denim, maupun pakaian dari bahan denim lainnya sangat disarankan membalik bagian dalam menjadi bagian luar terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar warna bagian luar dari denim tetap terjaga dan tidak mudah pudar.

Ilustrasi air kran, Sumber : klikpipa.co.id
Ilustrasi air kran, Sumber : klikpipa.co.id

5. Mengeringkan Denim Secara Manual

Mengeringkan denim secara manual dalam artian ketika sudah mencucinya, hindarilah menggunakan pengering pada mesin cuci. Sangat disarankan anda menjemur denim dengan cara diangin-anginkan di dekat jendela atau tempat yang mendapat sirkulasi udara yang baik. Selain tidak disarankan dikeringkan menggunakan mesin cuci, juga tidak dianjurkan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Pastikan denim dalam keadaan terbalik, maksudnya bagian dalam berada di luar begitu pula sebalinya bagian luar berada di dalam.

Ilustrasi menjemur bahan denim, Sumber : herstory.co.id
Ilustrasi menjemur bahan denim, Sumber : herstory.co.id

6. Menyetrika Denim

Untuk menyetrika pakaian berbahan dasar denim ini di butuhkan suhu yang benar dan sesuai, suhu yang dianjurkan tidak terlalu panas. Setrika denim dengan keadaan membalik bagian luar ke dalam dan sebaliknya seperti saat mencuci maupun menjemurnya. Setelah selesai menyetrika sebaiknya jangan melipat denim anda, tujuannya untuk menghindari bekas lipatan. Gantungkan pakaian denim anda pada hanger yang telah disiapkan.

Menyetrika jaket bahan denim, Sumber : popbela.com
Menyetrika jaket bahan denim, Sumber : popbela.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat pakaian bahan denim yang perlu anda ketahui, agar denim tetap awet dan tahan lama. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips merawat jaket kulit maupun informasi lainnya dengan mengakses laman website Indo Konveksi.